Home » » Wortel: Kandungan Dan Khasiat Alaminya

Wortel: Kandungan Dan Khasiat Alaminya

Wortel: Khasiat Alami Dan Manfaatnya - Wortel merupakan sayuran yang tidak asing lagi di telinga kita karena setiap individu pasti tahu dan pernah memakan sayuran  yang satu ini. khasiat alami yang sering terdengar dalam wortel adalah untuk kesehatan mata kita, dikarenakan kandungan vitamin A di dalamnya.

Namun bukan hanya untuk kesehatan mata saja sebenarnya khasiat alami wortel dan juga bukan vitamin A saja kandungan yang dimilikinya.

Wortel:  Kandungan Dan Khasiat Alaminya
Wortel:  Kandungan Dan Khasiat Alaminya

Wortel Berdasarkan Kandungannya

Beta-karoten, yang nantinya akan dikonversi tubuh menjadi vitamin A, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan juga amat baik untuk kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, serta sistem pencernaan. Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata.

Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

Beta-karoten bersama dengan alfa-karoten berkhasiat antikarsinogenik dan dapat pula menurunkan resiko penyakit jantung. Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. 

Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

Wortel Memiliki Khasiat Hebat

Khasiat Alami Wortel yang amat tinggi menjadikan tubuh sehat, kuat dan awet muda. Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. 

Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengkonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. 

Ternyata, selain kanker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 – 5 kali lipat.

Wortel juga banyak mengandung serat air yang dapat membersihkan lever, memacu proses detoksifikasi, membuat kulit segar, serta menjauhkan keriput. Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan B.A.B menjadi lancar. Vitamin C dan silika dalam wortel juga sangat berharga dalam menjaga kemudaan kulit.

Info Sepeturan Ibu Hamil: Buah Bit (Beetroot) Bantu Kesehatan Ibu Hamil
Thanks for reading Wortel: Kandungan Dan Khasiat Alaminya

« Previous
« Prev Post
Oldest

0 komentar:

Posting Komentar