Home » » Buah Tomat Berdasarkan Khasiat dan Kandungannya

Buah Tomat Berdasarkan Khasiat dan Kandungannya

Buah Tomat Berdasarkan Khasiat dan Kandungannya - Buah Tomat sudah sangat familiar di telinga kita karena mudah untuk ditemukan baik di pasar tradisional maupun modern dengan harga yang cukup terjangkau. Buah Tomat Di samping harganya yang terjangkau ternyata Buah Tomat mempunyai segudang khasiat yang tinggi untuk tubuh. Buah Tomat juga baik di konsumsi ketika sudah matang dimakan segar atau diolah menjadi makanan maupun minuman. 

Konsumsi Buah Tomat yang matang  menurut Dr Chopra,  mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dengan cara menghambat suplai darah yang merupakan ‘makanan’ sel kanker, sehingga bisa memperlambat pertumbuhan dan membunuh sel kanker.

Buah Tomat Berdasarkan Khasiat dan Kandungannya
Buah Tomat
Namun, Dr Chopra mengingatkan mekanisme perlawanan kanker ini hanya bisa dirasakan pada pengkonsumsian Buah Tomat yang matang. Selain itu, asupan likopen setiap orang mungkin berbeda-beda guna melawan kanker prostat.

Serat dengan karotenoid, khususnya likopen. Membuat Buah Tomat memiliki daya antikarsinogenik yang unik Penduduk negara mediteranian, seperti italia, yunani , spanyol, mesir, siprus dan maroko memiliki tradisi mengkonsumsi Buah Tomat. Studi epidemiologi di beberapa daerah di Itali dan Yunani menunjukan angka kejadian yang rendah untuk penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker seperti kolon, payudara, dan prostat.

Buah Tomat Berdasarkan Kandungannya

Buah Tomat dikenal kaya dengan senyawa karotenoid, terutama likopen. Struktur kimia likopen membuatnya sebagai senyawa nonpolar yang jauh lebih mudah larut dalam minyak. Tradisi masakan mediteranian yang kerap berbahan Buah Tomat yang dimasak dengan minyak zaitun (olive oil) ternyata menghasilkan pelepasan likopen secara optimal dan membuatnya lebih efisien penyerapannya, sehingga mudah masuk ke jaringan dan sel.

Likopen menetralisir radikal bebas sebelum mereka menyebabkan kerusakan sehingga anda jauh dari beragam kondisi mulai dari keriput sampai serangan jantung. Hasil penelitian menunjukan bahwa likopen memiliki efek anti karsinogenik dua kali lebih dahsyat daripada beta-karoten. Buah Tomat juga mengandung sedikit zat besi yang dapat diserap dengan baik jika disertai vitamin C sehingga dapat membantu mencegah anemia dan kelelahan akut.

Buah Tomat Menurut Leslie Baumann, MD

Menurut Leslie Baumann, MD yang dikenal sebagai Profesor Dhermathology di Universitas Miami melakukan penelitian terhadap buah tomat bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah tomat sebayak lima sendok pasta Buah Tomat kaya likopen selama 3 bulan akan memiliki perlindungan 25% lebih banyak terhadap sinar matahari dan mencegah kulit menjadi kendur karena banyaknya kolagen yang terkandung dalam Buah Tomat.
Thanks for reading Buah Tomat Berdasarkan Khasiat dan Kandungannya

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar